Cara Mudah Menggunakan FPDF

cara mudah menggunakan fpdf

CARA MUDAH MENGGUNAKAN FPDF

annaschueler.com – Kali ini admin ingin menjelaskan bagaimana cara mudah menggunakan FPDF. Sebelumnya para sahabat sekalian sudah tau belum apa itu FPDF dan susah gak sih untuk mengggunakan FPDF ini. Tenang sahabat, dalam artikel ini kita akan belajar bareng ya, mulai dari apa itu FPDF dan cara menggunakannya yang paling mudah. Apa itu FPDF ?

FPDF adalah suatu kumpulan class ( library ) PHP yang memungkinkan penggunanya untuk dapat membuat file PDF dengan mudah tanpa perlu menginstall modul tambahan pada PHP. Nah dari nama FPDF ini ada huruf F yang berarti Free atau gratis, jadi FPDF dapat di download, digunakan dan dikembangkan secara bebas. Bagi sahabat yang belum mempunyai FPDF, santai saja admin sudah menyediakan link downloadnya di bawah ini :

http://fpdf.org/en/download.php.

Cara instalasinya gampang kok, setelah proses download selesai, ekstrak file FPDF ke document-root komputer sahabat. Letakkan library FPDF pada folder khusus yang terpisah dengan file aplikasi agar lebih mudah dalam pengaturannya. FPDF ini merupakan sebuah library yang tidak memperlukan proses instalasi, cukup dipanggil ( include ) di program.

Contoh 1 – Pembuatan file PDF melalui PHP dengan library FPDF :

Cara mudah menggunakan fpdf

  1. Pertama silahkan sahabat buat file PHP baru di document-root dengan nama bebas atau sesuai keinginan sahabat, pada tutorial ini admin akan menamai file yang akan admin buat dengan nama ”tutorialfpdf.php
  2. Lalu ketikkan script pdf sesuai dengan aturan – aturan dari library FPDF, admin akan mulai dengan script berikut ini :
  3. <?php
  4. require(‘fpdf16/fpdf.php’);
  5. $pdf = new FPDF();
  6. $pdf->AddPage();
  7. $pdf->SetFont(‘Arial’,’B’,16);
  8. $pdf->Cell(40,10,’HALO DUNIA!’);
  9. $pdf->Output();
  10. ?>
  11. Apa kegunaan script diatas?
  12. Baris 2 – menyertakan file library FPDF. Apabila library disimpan dalam folder tertentu , sertakan nama folder tersebut ya sahabat. Fungsi require () di atas dapat juga sahabat ganti dengan include (), include_once (), maupun require_once ().
Baca Juga  Daftar lagu tiktok terbaru 2020

Untuk lebih jelas mengenai fungsi lanjutan pada keterangan diatas sahabat bisa lihat dari link ini : https://www.php.net/manual/en/function.include.php

CARA MUDAH MENGGUNAKAN FPDF

  1. Baris 4 – membuat object baru bernama $pdf dari class FPDF (). Nah dengan terbentuknya objek tersebut , maka konstruktor dari class FPDF akan otomatis dijalankan. Konstruktor antara lain mengatur orientasi ukuran kertas dan satuan ukuran kertas. Sebagai contoh jika kita ingin membuat halaman FPDF menggunakan ukuran kertas Letter, orientasi Lanscape, dan satuan ukuran kertas dalam CM, maka pembentukan objek menjadi $pdf = new FPDF (‘L’, ‘cm’, ‘letter’ ).
  2. Baris 5 – Fungsi addpage () untuk membuat halaman pdf baru. Jika ingin halaman dengan ukuran maupun orientasi berbeda, maka dapat ditambahkan parameter di fungsi ini ya, contohnya AddPage(‘P’,’A4’)
  3. Baris 6 – setfont () digunakan untuk mengatur font teks yang ditampilkan. Program diatas sudah diatur font tulisan sebagai Arial, ukuran 16 dan bold ( huruf tebal )
  4. Baris 7 – Cell() berfungsi untuk menampilkan suatu text di halaman, text akan ditampilkan dengan ukuran yang sudah diatur SetFont (). Parameter yang dapat disertakan dalam Cell () secara berurutan itu adalah lebar cell, tinggi cell, text yang akan ditampilkan, border cell , pilihan pindah baris setelah cell, perataan text, isi dari cell dan yang terakhir ini adalah pilihan untuk menambahkan link pada teks.
  5. Baris 8 – Nah baris terakhir atau baris 8 ada Output (), fungsinya sebagai untuk menampilkan halaman PDF. Kita juga dapat menentukan nama file dan target output dari pdf yang sudah dihasilkan. Target tersebut dapat menuju file, browser atau download.

Cara mudah menggunakan fpdf

Nah itu lah bagaimana cara mudah menggunakan FPDF yang paling sederhana dan paling dasar, tentunya ini berguna untuk kalian para sahabat mempelajari penggunaan FPDF pada perangkat komputer sahabat sekalian. Mungkin cukup sekian tutorial sekaligus penjelasan dari admin tentang cara mudah menggunakan FPDF. Sampai bertemu di artikel selanjutnya, Terimakasih sudah berkunjung di annaschueler.com

You May Also Like

About the Author: annaschuller

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.